Senin, 16 November 2009

Festival Budaya Temanggung







Minggu, 15 Nopember 2009, di di sepanjang jalan R. Suprapto – alon-alon dan ke arah Barat di jalan MT Haryono Temanggung digelar festival budaya yang disebut sebagai Festival Budaya Temanggung. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Temanggung ke-175 Kabupaten Temanggung . Acara seperti ini biasanya dikemas dalam bentuk pawai atau kirab, tetapi untuk tahun ini setiap kesenian mempunyai tempat tetap disepanjang jalan. Saking banyaknya kesenian yang tampil, panjang total stand atau lokasi kesenian bisa lebih dari 1 km.

Acara tersebut menampilkan 31 jenis kesenian antara lain sorengan, kubro, prajuritan, kuda lumping, rebana, dayakan, barsomah dan berbagai macam kesenian tradisional lainya. Menurut beberapa sumber, kegiatan tersebut jare melibatkan 91 kelompok yang melibatkan sedikitnya 900 seniman tradisional.

Jalanan temanggung hari itu dipadati oleh masyarakat yang pada turun gunung dari lereng sumbing dan sindoro. Semua tumpah ruah, penuh sesak memadati jalan-jalan, menyaksikan aneka pentas pertunjukan seni yang diminati.


0 komentar: