Selasa, 03 November 2009

Oleh-Oleh Khas Temanggung

Selama ini saya sering bingung kalo ditanya teman-teman saya mengenai makanan khas temanggung. Kayaknya kita nggak punya makanan khas yang cukup melegenda sampai keluar daerah. Yang saya tahu kita punya entho cothot dan empis-empis, dua makanan yang susah saya temui di tempat lain. Tetapi kedua makanan maknyus tersebut juga ternyata nggak begitu dikenal di luar Temanggung. Beberapa makanan lain seperti karag, balung kuwuk, gimbal dan tahu susur juga ada simana-mana, bukan hanya di temanggung.

Tetapi saat iseng-iseng saya browsing, ternyata ada banyak industri makanan yang pembuatanya tersebar di wilayah temanggung. Bahkan beberapa sudah mampu memasarkannya sampai keluar daerah.

Bila sampeyan termasuk perantau dan kebetulan pulang ke temanggung bisa mencoba cemilan-cemilan seperti:
1. keripik jagung
2. Kopi Bubuk
3. Pisang Aroma
4. Criping Talas

Makanan-makanan tersebut bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh buat teman atau kerabat.

0 komentar: